Selamat berbudaya

# Mari Melestarikan Budaya Indonesia - # Bangga Punya Batik - # Selamat Berbudaya..phone/SMS/WA.081567722165

Senin, 23 Maret 2015

Batik Bayat

     Batik bayat.   Batik di wilayah bayat sudah ada sejak dahulu kala. Karena nilai seni dan budaya yang ada, masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan batik, bisa mempertahankannya sampai hari ini.  meskipun dalam perjalannannya tidak semudah yang di bayangkan. Tentu batik bayat ini mengalami pasang surut.  baik itu dalam produksi maupun penjualan. Namun berawal di tahun-tahun 2007 perkembangan batik bayat kembali bergairah.  pasalnya  pengrajin-pengrajin batik kembali bermunculan, bak jamur yang bermekaran menanti datangnya hujan.  hehe...  

    karena memang dahulu-dahulu masyarakat yang belum berminat membuat batik, karena prospek pasar yang sepertinya baru terbuka ini, masyarakat dengan senyum dan semangat, mulai berwirausaha untuk membuat batik.  kini batik yang dihasilkan pun semakin beragam.  dan kreatifitas pun semakin dikembangkan.  terbukti berbagai produk hias batik untuk mainan ,tempat gelas, tempat tisu, taplak meja, sarung bantal, hiasan-hiasan dinding, baju dan kain batik dari pewarna alam dan sintetis, sangat berkembang di wilayah bayat.

sebenarnya pengrajin batik yang masih kokoh berdiri di wilayah bayat adalah asli dari desa Jarum. tapi kini hampir semakin merata. karena semua memang mencintai batik. dan ingin meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik.  di bawah ini adalah salah satu pahlawan batik kita.   inilah ibu-ibu dan mbak-mbak yang pantang menyerah dan berjuang demi batik.   :)  




berminat menjadi pahlawan batik..???  mari membatik....  :)  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar