Selamat berbudaya

# Mari Melestarikan Budaya Indonesia - # Bangga Punya Batik - # Selamat Berbudaya..phone/SMS/WA.081567722165

Minggu, 08 Februari 2015

Batik sebagai Seni dan Budaya

Batik sebagai Seni dan Budaya    #barubelajarngeblog

Terima kasih saudara dan sahabatku..
atas kesempatannya mampir di indoNEsabatik.blogspot.com ini.

     Kali ini saya ingin sedikit berbagi apa yang saya tahu. mohon maaf sebelum dan sesudahnya.
sesunguhnya banyak yang ingin saya sampaikan tapi maaf, jujur untuk menyampaikan melalui tulisan
saya kurang begitu fasih.

     Mari kita mulai saja ya... hehe
batik sebagai seni dan budaya.    batik di indonesia ini ada yang beraanggapan bahwa semula berasal dari
Negara India. Namun ada pula yang mengatakan batik semula berasal dari negara ..,....  maaf saya lupa hehe.  yang pasti ada beberapa yang mengungkapkan seperti itu.  tetapi menurut saya pribadi batik semula berasal dari modifikasi. Dalam arti batik saat itu bisa jadi berawal dari sebuah kolaborasi. yakni kolaborasi pengaruh budaya negara india dan negara -negara lainnya dengan indonesia. yang mana saat itu mungkin telah berproses bersama waktu. antara Teori pewarnaan kain atau pemodifikasian kain dengan pengaplikasian motif indonesia yang populer.  sehingga dengan berjalannya waktu batik terus mengalami perkembangan. hingga saat ini.

     Orang indonesia telah dianugerahi sebuah warisan seni dan budaya yang adiluhung oleh Tuhan Yang Maha Esa. dengan beragam kemampuan untuk menggoreskan seni gambar , motif, dan budaya dalam bentuk batik.

     Saat ini batik sebagai kebanggaan masyarakat indonesia pada umumnya. yang mana batik telah menorehkan sejarah bagi indonesia. Berbagai pengakuan di dunia internasional oleh UNESCO. masyarakat indonesia pun semakin berbangga hati dan semangat mengenakan batik. sebagai wujud rasa syukur dan bangga sebagai bangsa indonesia yang memiliki warisan budaya yang luar biasa.

     Saat ini batik bisa di aplikasikan di berbagai media.
sebagai contoh : kayu , gerabah ,dan kain.
Dari  tiga media tersebut, batik bisa diwujudkan dlam berbagai model.
misalkan dari kayu bisa di buat Tempat minum lalu di batik. dari kayu bisa di buat tempat tissue  lalu di batik.  tempat buah  lalu di batik.  di buat gelang lalu di batik.  dari kayu di buat bingkai foto  lalu di batik. bisa juga dari kayu di buat Topeng, sendal , patung berbagai hewan, bisa juga model wayang dan masih banyak model lainnya yang bisa di pakai.

     Pada intinya  batik bisa di aplikasikan dalam berbagai modifikasi bentuk dari tiga media yang sudah saya sebutkan di atas.

     Melalui blog ini saya tuliskan dari sekedar apa yang saya alami sebagai warga desa jarum bayat klaten jawa tengah yang hingga saat ini batik masih tetap eksis.  Walau pada tahun-tahun sebelum 2000 an hingga 2006 sempat mengalami naik turun pengsa pasar batik.  hingga ada sebagian warga kami yang berhenti sebagai pengrajin batik.  karena memang sulitnya pemasaran.  Tetapi juga masih ada pengrajin batik yang hingga saat ini pesanan 1 atau 2 helai kain taplak meja masih mau melayani.

     kurang lebih bermula di tahun 2006 setelah gempa jogja yang juga melanda desa jarum, batik desa jarum mulai bergairah kembali.  para pengrajin pendahulu semakin bersemangat.  dan hingga saat ini pengrajin semakin bermunculan bak tumbuhnya jamur di musimnya.

     batik sebagai seni dan budaya, warga desa jarum khususnya sangat berbangga hati bisa melestarikan warisan seni dan budaya ini.  kami berharap batik akan tetap sebagai indentitas bangsa indonesia yang bernilai seni dan budaya yang arif.

     di bawah ini  saya lampirkan warga desa jarum dengan semangat melestarikan batik sebagai seni dan budaya hingga saat ini. gambar di bawah ini saya unduh dari www.mantep.com terassolo.com dan binaswadaya.org    

     dari atas  namanya mas.Risky  sejak SD sudah rajin bekerja membantu meringankan orang tua.  di foto ini dia bekerja sebagai pemberi warna batik di tempat pamannya. dia bilang hasil kerjanya itu bisa dipakai untuk uang saku.


     Kalau di bawah ini namanya Pak.Hardi   di tempat saya sering di panggil Pakde.Hardi batik.  berbagai pengalaman telah beliau lalui erpuluh-puluh tahun sebagai pengrajin batik kayu.  batik kayu yang sering beliau buat adalah batik wayang dari kayu. seperti terlihat pada foto di bawah.  hasil batik kayu Pak.Hardi ini telah sampai ke mancanegara  seperti Italy, Amerika, Jepang, Korea, Belanda dan masih banyak klien dengan tujuan negara-negara lain yang pernah kirimi .


     Untuk yang di bawah ini, sudah saya postingkan di postingan sebelumnya.  hehe..  


Demikian sedikit tulisan dari saya.
terima kasih atas kunjungannya..  jangan bosan ya... saudara dan sahabatku..

Batik di tempat kami bisa melayani Berbagai pesanan Batik.   baik itu dari model batik,  motif batik warna dan ukuran batik yang di inginkan.

     Untuk pemesanan, saudara dan sahabatku bisa mengirimkan email
ke yusupkristian@gmail.com

     jika masih ragu tentang daerah kami pengrajin batik, bisa di search di google tentang batik desa jarum bayat klaten jawa tengah indonesia.

terima kasih banyak Saudara dan sahabatku...
Selamat beraktifitas....:)  :)  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar